widget by : Willy-Masaubat

Kamis, 13 September 2012

Sejarah Senam


A.  Sejarah Senam
1.        Pengertian gymnastik jaman Yunani kuno
Senam adalah terjemahan dari kata gymnastik (bahasa Belanda). Kata gymnastik asal mulanya adalah kata sifat dari Yunani yang kemudian digunakan menjadi kata benda. Istilah lengkapnya adalah techne gymnastike, kata techne menunjukan bahwa gymnastike ini harus dibedakan dengan gymnastike kerajinan tangan, sedangkan techne gymnastike merupakan ketangkasan yang menuntut keseluruhan pribadi seseorang baik jasmani maupun rohani dan kegiatan ini merupakan bagian integral dari pendidikan jasmani yang didambakan oleh setiap orang.


Zaman abad pertengahan
a.    Menurut Gutsmuths   : senam ialah gerakan latihan pilihan yang tujuannya membentuk manusia sehat dan cerdas.
b.    Menurut Pesta lozzi    : bukan gerakan tubuh yang menjadi hakekat senam, tetapi kemungkinan gerak pada persendian, itulah senam.
c.    Menurut PH ling         : senam adalah suatu gerakan baru dapat dimasukkan sebagai latihan senam kalau mempunyai pengaruh terhadap tubuh atau anggota tubuh.

Zaman Renaissance
Istilah gymnastic ini muncul kembali dalam sejaah yaitu pada jaman kebangkitan atau Renaissance (tahun 1500-1600 Masehi). Istilah gymnastic seperti halnya menurut orang Yunani berarti latihan jasmani yang mempunyai tujuan pedagogis dam mengandung aspek pembinaan.



2.        Senam pada jaman primitif :
di China     : di dataran China ada suatu kegiatan yang menyerupai senam, terutama dalam bentuk penyembuhan atau pengobatan latihan pemanasan dan masage.
di India      : unsur-unsur senam yang ada di India kuno adalah tekhnik bernapas dan pengetahuan tentang penyembuhan penyakit. Kegiatan ini mempunyai arti keagamaan antara lain cita-cita hidup dari orang berkasta pendeta/padri yang ingin lepas dari derita di alam fana, pemujaan kepada dewanya Brahmana.

3.        Kegiatan senam di Sparta
Permainan olympiss untuk menghormati dewa-dewa mempunyai tujuan spiritual, sekarang olahraga dipakai untuk menyusun kekuatan militer. Rakyat harus kuat dan hatinya tediri dari baris berbaris, lari cepat dan gulat.
Kegiatan senam di Athena
Jika di Sparta pendidikan terbatas pada segi intelek dan segi militer, di Athena meliputi semua aspek. Jika di Athena menekankanya pada kekuatan fisik saja. Tujuan gymnstic di Athena adalah manusia yang selaras (harmonis) antara jiwa dan raga. Latihannya adalah penthatlon yang terdiri dari lari, lompat, lempar lembing, lempar cakram dan gulat.

4.        Akibat dari jatuhnya Romawi
Kalau di Yunani pendidikan dipusatkan di sekolah. Kalau di Roma keluargalah tempat mendidik anak. Sang ayah berkuasa memerintah dengan keras, gymnastic mendapat tempat yang penting yaitu untuk persiapan militer. Di Roma gymnastic hanyalah ditujukan untuk memenuhi kebutuhan praktis.
Dengan runtuhnya peradaban Yunani dan Romawi gymnastic menghilang dan mulai saat itu kegiatan senam dilarang dan dianggap tabu.
5.        Terjadinya Renaissance (revolusi jiwa) dan hubungannya dengan aliran humanisme dan reformasi. Pada abad 15 dan 16 di Eropa terjadi perubahan dalam tata kehidupan suatu aliran baru yang yang disebut humanisme telah menjadi pendobrak pembaharuan dalam dunia pendidikan sehingga gymnastic mendapat tempat yang baru.
a.       Dalam praktek hidup beragama banyak terjadi peraturan-peraturan yang kurang baik.
b.      Di Italia terjadi pergolakan politik dan ekonomi
c.       Kemajuan bidang ilmu pengetahuan
Reformasi : pembaharuan antara lain
i.           Kekauasaan Paus yang berlebihan
ii.         Banyak pendeta yang berkelakuan tidak selaras dengan ajaran agama
iii.       Kalau dulu rakyat hidup untuk mengabdi pada agama, sekarang saring mereka hidup untuk menanggulangi hidup sehari-hari.

6.        Rasionalisme (Herbart)
Cara berfikirnya bertentangan dengan emperisme menurut paham rasionalisme panca indra kita tidak dapat melihat kebenaran rasionalisme menitik beratkan pada pekembangan akal dan rasio. Tujuannya memperoleh pengetahuan gymnastic tidak penting.

Emperisme (John Lock)
Menurut emperisme dalam mencari kebenaran ilmu pengetahuan itu datang dari luar dari hubungan dengan lingkungannya. Jadi pengetahuan itu timbul oleh karena pengalaman. Pengalaman timbul dari pengamatan panca indra. Oleh karena itu gymnastic penting utuk perkembangan intelek.

7.        Pestalozzi (1746-1827)
Tokoh yang baru dalam bidang pendidikan disekolah yang bernama Pestalozzi mempunyai cita-cita yaitu pendidikan jasmani harus meluas ke seluruh rakyat dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Pestalozzi menciptakan suatu sistem pendidikan yang lebih diarahkan kepada kebutuhan seseorang, ia juga mengangkat rakyat kecil melalui senam.
Pestalozzi berpendapat bukan gerakan tubuh yang menjadi hakekat senam tetapi kemungkinan gerak pada persendian gerak pada persendian itulah senam.

B.   Sistem Senam Austria
Pembaharuan dalam sistem pendidikan pelaporannya Gaulhofer dan Streicher
a)      Dilihat dari segi pembaharuan sekolah
1.      Pendidikan harus berpangkal pada kebutuhan anak didik
2.      Harus diperhatikan tidak hanya bakat perorangan tetapi juga masa perkembangan pribadi anak didik.
3.      Pelajaran harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan dan adat istiadat setempat
4.      Untuk perkembangan pribadinya anak didk harus diberi kegiatan diri sendiri.
b)      Dilihat dari segi guru
1.      Guru harus bertindak sebagai seorang pendidik bukan seorang pelatih
2.      Guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan anak didik bukan menuruti kemauan sendiri.
3.      Guru harus mengenal taraf perkembangan anak dan harus mencocokan bagaimana cara menyajikan bahan pelajaran
4.      Keluarga harus diiikut sertakan dalam pendidikan


c)      Dilihat dari segi anak didik
1.      Grund Schule (tahun pelajaran 1-4) pada masa ini anak-anak masih bersikap wajar, tugas guru ialah memelihara dan menjaga agar dorongan untuk bergerak secara wajar jangan sampai hilang, perlu diajarkan ketangkasan lain.
2.      Mittel Schule (tahun pelajarn 5-8) pada masa ini anak terlalu lama duduk dibangku sekolah, sehingga banyak gerak wajar yang hilang jadi kesalahan-kesalahan boleh diperbaiki.
3.      Ober Schule (tahun pelajaran 9-12) Pada masa ini dapat ditambahkan latihan seni gerak, artinya pada gerakannya dapat diberikan suatu gay dan bentuk sehingga menpai keindahan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar