Kamis, 13 September 2012
Sejarah Senam
A. Sejarah Senam
1.
Pengertian gymnastik jaman
Yunani kuno
Senam
adalah terjemahan dari kata gymnastik (bahasa Belanda). Kata gymnastik asal
mulanya adalah kata sifat dari Yunani yang kemudian digunakan menjadi kata
benda. Istilah lengkapnya adalah techne gymnastike, kata techne menunjukan
bahwa gymnastike ini harus dibedakan dengan gymnastike kerajinan tangan,
sedangkan techne gymnastike merupakan ketangkasan yang menuntut keseluruhan
pribadi seseorang baik jasmani maupun rohani dan kegiatan ini merupakan bagian
integral dari pendidikan jasmani yang didambakan oleh setiap orang.
Zaman abad pertengahan
a.
Menurut Gutsmuths : senam ialah gerakan latihan pilihan yang
tujuannya membentuk manusia sehat dan cerdas.
b.
Menurut Pesta lozzi : bukan gerakan tubuh yang menjadi hakekat
senam, tetapi kemungkinan gerak pada persendian, itulah senam.
c.
Menurut PH ling : senam adalah suatu gerakan baru dapat
dimasukkan sebagai latihan senam kalau mempunyai pengaruh terhadap tubuh atau
anggota tubuh.
Zaman Renaissance
Istilah
gymnastic ini muncul kembali dalam sejaah yaitu pada jaman kebangkitan atau
Renaissance (tahun 1500-1600 Masehi). Istilah gymnastic seperti halnya menurut
orang Yunani berarti latihan jasmani yang mempunyai tujuan pedagogis dam
mengandung aspek pembinaan.
2.
Senam pada jaman
primitif :
di China : di dataran China ada suatu kegiatan yang
menyerupai senam, terutama dalam bentuk penyembuhan atau pengobatan latihan
pemanasan dan masage.
di India : unsur-unsur senam yang ada di India kuno
adalah tekhnik bernapas dan pengetahuan tentang penyembuhan penyakit. Kegiatan
ini mempunyai arti keagamaan antara lain cita-cita hidup dari orang berkasta
pendeta/padri yang ingin lepas dari derita di alam fana, pemujaan kepada
dewanya Brahmana.
3.
Kegiatan senam di Sparta
Permainan
olympiss untuk menghormati dewa-dewa mempunyai tujuan spiritual, sekarang
olahraga dipakai untuk menyusun kekuatan militer. Rakyat harus kuat dan hatinya
tediri dari baris berbaris, lari cepat dan gulat.
Kegiatan senam di Athena
Jika
di Sparta pendidikan terbatas pada segi intelek dan segi militer, di Athena
meliputi semua aspek. Jika di Athena menekankanya pada kekuatan fisik saja.
Tujuan gymnstic di Athena adalah manusia yang selaras (harmonis) antara jiwa
dan raga. Latihannya adalah penthatlon yang terdiri dari lari, lompat, lempar
lembing, lempar cakram dan gulat.
4.
Akibat dari jatuhnya
Romawi
Kalau
di Yunani pendidikan dipusatkan di sekolah. Kalau di Roma keluargalah tempat
mendidik anak. Sang ayah berkuasa memerintah dengan keras, gymnastic mendapat
tempat yang penting yaitu untuk persiapan militer. Di Roma gymnastic hanyalah
ditujukan untuk memenuhi kebutuhan praktis.
Dengan
runtuhnya peradaban Yunani dan Romawi gymnastic menghilang dan mulai saat itu
kegiatan senam dilarang dan dianggap tabu.
5.
Terjadinya Renaissance
(revolusi jiwa) dan hubungannya dengan aliran humanisme dan reformasi. Pada
abad 15 dan 16 di Eropa terjadi perubahan dalam tata kehidupan suatu aliran
baru yang yang disebut humanisme telah menjadi pendobrak pembaharuan dalam
dunia pendidikan sehingga gymnastic mendapat tempat yang baru.
a. Dalam
praktek hidup beragama banyak terjadi peraturan-peraturan yang kurang baik.
b. Di
Italia terjadi pergolakan politik dan ekonomi
c. Kemajuan
bidang ilmu pengetahuan
Reformasi : pembaharuan antara lain
i.
Kekauasaan Paus yang
berlebihan
ii.
Banyak pendeta yang
berkelakuan tidak selaras dengan ajaran agama
iii. Kalau
dulu rakyat hidup untuk mengabdi pada agama, sekarang saring mereka hidup untuk
menanggulangi hidup sehari-hari.
6.
Rasionalisme (Herbart)
Cara
berfikirnya bertentangan dengan emperisme menurut paham rasionalisme panca
indra kita tidak dapat melihat kebenaran rasionalisme menitik beratkan pada
pekembangan akal dan rasio. Tujuannya memperoleh pengetahuan gymnastic tidak
penting.
Emperisme (John Lock)
Menurut
emperisme dalam mencari kebenaran ilmu pengetahuan itu datang dari luar dari
hubungan dengan lingkungannya. Jadi pengetahuan itu timbul oleh karena
pengalaman. Pengalaman timbul dari pengamatan panca indra. Oleh karena itu
gymnastic penting utuk perkembangan intelek.
7.
Pestalozzi (1746-1827)
Tokoh
yang baru dalam bidang pendidikan disekolah yang bernama Pestalozzi mempunyai
cita-cita yaitu pendidikan jasmani harus meluas ke seluruh rakyat dan dinikmati
oleh semua lapisan masyarakat. Pestalozzi menciptakan suatu sistem pendidikan
yang lebih diarahkan kepada kebutuhan seseorang, ia juga mengangkat rakyat
kecil melalui senam.
Pestalozzi
berpendapat bukan gerakan tubuh yang menjadi hakekat senam tetapi kemungkinan
gerak pada persendian gerak pada persendian itulah senam.
B.
Sistem
Senam Austria
Pembaharuan
dalam sistem pendidikan pelaporannya Gaulhofer dan Streicher
a)
Dilihat dari segi
pembaharuan sekolah
1. Pendidikan
harus berpangkal pada kebutuhan anak didik
2. Harus
diperhatikan tidak hanya bakat perorangan tetapi juga masa perkembangan pribadi
anak didik.
3. Pelajaran
harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan dan adat istiadat setempat
4. Untuk
perkembangan pribadinya anak didk harus diberi kegiatan diri sendiri.
b) Dilihat
dari segi guru
1. Guru
harus bertindak sebagai seorang pendidik bukan seorang pelatih
2. Guru
harus menyesuaikan diri dengan perkembangan anak didik bukan menuruti kemauan
sendiri.
3. Guru
harus mengenal taraf perkembangan anak dan harus mencocokan bagaimana cara
menyajikan bahan pelajaran
4. Keluarga
harus diiikut sertakan dalam pendidikan
c)
Dilihat dari segi anak
didik
1. Grund
Schule (tahun pelajaran 1-4) pada masa ini anak-anak masih bersikap wajar,
tugas guru ialah memelihara dan menjaga agar dorongan untuk bergerak secara
wajar jangan sampai hilang, perlu diajarkan ketangkasan lain.
2. Mittel
Schule (tahun pelajarn 5-8) pada masa ini anak terlalu lama duduk dibangku
sekolah, sehingga banyak gerak wajar yang hilang jadi kesalahan-kesalahan boleh
diperbaiki.
3. Ober
Schule (tahun pelajaran 9-12) Pada masa ini dapat ditambahkan latihan seni
gerak, artinya pada gerakannya dapat diberikan suatu gay dan bentuk sehingga
menpai keindahan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar